Musim Kawin Burung Kacer

Leave a Comment
Di daerah sumatra masih banyak terdapat populasi burung kacer, mudah menemukan sarang Kacer, terutama dimusim kawin. Kacer sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya'kacer hitam,kacer kembang,kacer poci,kacer ampenan. Musim kawin kacer sendiri Jatuh pada bulan maret.
"umur 5 hari"
"Umur 1 minggu"
"Umur 2 minggu"

Burung Kacer banyak membuat sarang diatas pohon yang tinggi atau pohon yang telah mati. Namun pohon pohon yang dipilih adalah pohon kelapa ataupun pohon kelapa sawit. Dalam satu sangkar burung kacer dapat menghasilkan telor 2-3 butir telor saja,Sangat sering 3 butir, lebih dari itu jarang. Dan dalam 2 atau 3 hari pasca menetas anakan kacer sudah bisa di rawat pake tangan, dan kemungkinan selamat besar.

Dalam satu sarang, rasio pejantan dan betina tidak tentu. Kadang bisa tiga-tiganya betina, 1 jantan dua betina, dan sebagainya. Jumlah kelahiran kacer jantan agak minim. Rata rata 1 ekor dalam 3 biji telor, atau tanpa jantan sama sekali. Ngak percaya? Percayalah, karna doeloe itu yang sering saya lihat. Itulah sebabnya kacer betina lebih mudah ditemukan dialam.

Tapi apakah Kacer monogami? Gak tau juga sih, tapi kayaknya kacer suka kawin sana, kawin situ. Sekarang kacer banyak di tangkarkan, tidak semuanya berasal dari alam lagi.

0 comments:

Post a Comment